Membuat Game Itu Menyenangkan

Selama menulis di blog ini saya belum pernah menuliskan pengalaman saya dalam membuat video game. Banyak dari saudara dan teman selalu bertanya mengenai pengalaman ini karena membuat game bukanlah sebuah pekerjaan yang wajar dibandingkan menjadi dokter atau arsitek. Pengalaman saya sebagai pembuat game dimulai pada tahun 2009 ketika pada saat itu saya ditelepon oleh salah satu teman saya yang mengajak bergabung ke dalam tim nya sebagai desainer grafis. Waktu itu saya sempat bingung karena belum pernah terpikirkan oleh saya untuk mendesain sebuah game tetapi akhirnya saya terima saja ajakan itu karena toh bisa menambah wawasan saya. Memang game yang kami buat saat ini tidak sekeren yang dimainkan di playstation ataupun xbox. Game yang kami buat lebih kepada mini game dengan platform flash. Sebuah jenis game yang kata teman saya bertipikal dimainkan oleh orang-orang kantoran yang merasa jenuh dengan pekerjaanya dan membunuh waktu dengan memainkan game tersebut. Tim kecil kami bernama Cornicle, dengan 4 anggota di dalamnya hanya saja 1 orang sedang menjalankan tugas ke luar pula sehingga praktis tim kami sekarang hanya berisi 3 orang. Menjadi salah satu bagian dalam tim pembuatan game menjadi sebuah pengalaman unik. Meskipun ketika dimainkan mungkin terlihat simple, ternyata game mempunyai tingkat kompleksitas yang tinggi pada saat pembuatanya. Seorang desainer game perlu untuk merinci secara detail bagaimana cerita dan konsep game tersebut. Kemudian perlu juga secara detail mengatur berapa level dibutuhkan, tingkat kesulitan setiap level, bahkan hingga poin yang di dapat dalam setiap level.
Salah satu proyek game yang saya kerjakan saat ini berjudul Cronus Raid. Game ini menceritakan tentang situasi perang dunia kedua dimana kita sebagai pemain diharuskan untuk mengoperasikan anti aircraft gan dan menembaki pesawat yang melewati kota agar kota tersebut tidak hancur. Game ini sangat mudah untuk dioperasikan karena kita hanya perlu menggerakan mouse dan klik untuk menembak.


Agar bisa sampai kepada game apa yang harus dibuat kami sebagai tim melakukan semacam riset kecil-kecilan terhadap genre game apa yang kira-kira asik untuk dimainkan. Kami satu tim kemudian browsing beberapa game dan dibuatlah sebuah list game yang mempunyai potensi untuk dibuat. Untuk memilih salah satu jenis game dari list tersebut kami melakukan voting. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami untuk melakukan voting adalah tingkat kesulitan pembuatan, lama waktu pembuatan, dan potensi industrinya. Maka terpilihlah game ini sebagai list game yang harus kami buat.


Hal selanjutnya yang harus kami lakukan adalah membuat semua list materi-materi yang dibutuhkan. Baik mulai dari grafis, sound effect, theme song, atau dokumen lain yang dibutuhkan. Selain itu kami juga melakukan penjadwalan terhadap pengerjaan game ini. Game ini ditarget selesai hingga berhasil dijual selama 3 bulan, memang selama pengerjaanya sedikit molor namun menjadi pelajaran tersendiri bagi kami untuk ke depanya. 



Peran saya disini adalah sebagai 2D artist sekaligus music composer. Sebagai 2D artist saya bertanggung jawab terhadap semua materi grafis yang berhubungan dengan grafis dalam game ini. Secara grafis saya menggunakan teknik pixel art untuk membuat semua materi yang ada dalam game ini. Namun ada beberapa yang memang tidak saya buat dengan teknik pixel art. Jujur saya memang sedang belajar menggunakan teknik ini. Buat saya teknik ini sangat menarik untuk di dalami dan membuat saya lebih tertantang untuk mengerjakan game ini. Pixel art sendiri lebih banyak digunakan pada game-game lama semacam mario bros, contra, pac man, dan lain sebagainya. 


Sementara untuk musik sendiri saya banyak terinspirasi dari beberapa theme song game seperti Call of Duty, Battlefield 1942, Medal of Honor dan game perang klasik yang lain. Cukup susah memang ketika mengkomposisi sebuah musik orkestra karena saya tak terlalu memahami teori musik yang bagus. "Amati, Tiru, dan Modifikasi" nampaknya menjadi cara ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Total ada 3 buah musik yang saya buat untuk mengiringi game tersebut. 



Itulah beberapa gambaran dan proses dalam pembuatan game Cronus Raid ini. Semoga bermanfaat. Yeah!

0 komentar:

Posting Komentar

top